[Ask Dokter Ica] Program Dokter Internsip RSUD Petala Bumi Pekanbaru-Riau (Part 1)

By Unknown - 13:24

Setelah menunda-nunda untuk menuliskan ini, akhirnya si Ica berhasil melawan keinginan untuk (lagi-lagi) menunda menulis. Berhubung internsip sudah resmi berakhir dan beberapa teman-teman sejawat ada yang bertanya bagaimana pengalaman menjalankan Internsip ditempat yang sekarang, here we go... semoga tulisan ini menjawab segala pertanyaan kalian semua, ya. Kemungkinan besar tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa part dikarenakan banyaknya yang akan dijelaskan. Jadi semoga tidak bosan membacanya.

Untuk teman-teman lain yang non-sejawat dokter, sebagai informasi program internsip ini adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Kesehatan untuk dilaksanakan oleh para dokter-dokter yang telah menyelesaikan pendidikan dokternya (di Indonesia, tentunya). Jadi para dokter yang telah dinyatakan lulus Ujian kompetensi (UKMPPD) -yang dibuktikan dengan telah pengangkatan sumpah profesi- ini diharuskan menjalankan program intensip selama satu tahun. Program ini langsung dibawah naungan Kementrian Kesehatan. Sederhananya, program internsip ini hampir sama dengan program ‘pengabdian atau wajib kerja setahun’. Setelah menyelesaikan program internsip, dokter tersebut baru akan mendapatkan surat tanda registrasi yang sah. Baru deh bisa praktek mandiri. Sebelumnya aku juga sudah pernah menjelaskan mengenai tahapan pendidikan dokter di Indonesia ditulisan mengenai resolusi tahunanku.



Pemilihan wahana
Bulan Oktober tahun 2016 lalu, tepatnya tanggal 19 Oktober 2016 waktu pemilihan wahana internsip periode November 2016-November 2017. Pemilihan wahana oktober tahun lalu itu sungguh penuh drama dikarenakan servernya yang down, saking banyaknya yang akses secara bersamaan dan pada cepet-cepetan. Alhasil yang pada awalnya dijadwalkan tanggal 18 Oktober 2016, ditunda hingga tanggal 19 oktober 2016. Kebayang dong ya deg-degannya jadi bertambah lama. Pada periode oktober tahun lalu, pemilihan wahananya hanya dibagi 2 hari yaitu hari pertama untuk pemilihan lokal dan hari kedua untuk pemilihan nasional. Dua-duanya terjadi penundaan dikarenakan server yang down.

Setelah banyaknya drama yang terjadi pada hari itu (19 Oktober 2016), resmilah si Ica ini mendapatkan wahana internsip (fyi, ini juga atas bantuannya Manda, teman dekat si Ila-sahabatku dari SMA)  sesuai dengan yang diinginkan yaitu RSUD Petala Bumi Pekanbaru. Sekedar informasi, periode november tahun 2016 ini wahana internsip di Provinsi Riau dibuka di 7 rumah sakit di 6 Kabupaten/Kota diantaranya 2 rumah sakit di Kota Pekanbaru dan masing-masing 1 rumah sakit di Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan, Kampar, Indragiri Hilir dan Bengkalis.
Tampilan web Pemilihan wahana
Daftar Wahana November 2016
Pakta Integritas Dokter Internsip

Pembekalan Internsip
Pembekalan Dokter Internsip Periode November
Sebelum masa internsip dimulai, seluruh dokter-dokter akan dibekali terlebih dahulu mengenai apa, bagaimana, dengan siapa dan hingga kapan internsip ini akan berlangsung. Pembekalan khusus Internsip wilayah Provinsi Riau diadakan selama 2 hari di Hotel Grand Jatra Pekanbaru pada tanggal 8-9 November 2016. Kegiatannya berupa penjelasan apa yang mesti dilakukan, batasan-batasan selama bekerja sebagai dokter internsip dan pembagian borang. Borang adalah buku pegangan dokter internsip yang isinya mengenai penjelasan internsip dan catatan pencapaian dokter selama intensip. Selain itu juga, ada penjelasan mengenai wahana internsipnya sendiri.  Ini sih lebih kearah seberapa jauh wahana tersebut dari ibukota provinsi dan bagaimana medan jalan yang akan ditempuh.
daftar pencapaian dokter selama program internsip
Hasil pembekalan yang paling penting adalah jadwal kerja. Jadi proses internsip ini dibagi menjadi dua site kerja, yaitu 8 bulan di Rumah sakit dan 4 bulan di Puskesmas. Masing-masing wahana memiliki puskesmas yang berbeda. Pembagian anggota per-kelompok kecilnya sudah langsung diatur oleh petugas Dinkes Provinsi Riau. Urutannya adalah IGD RS-Bangsal RS-Puskesmas. Untuk teman sekelompok itu nggak bisa request, jadi ya terima saja apa adanya. Disini aku dipisah sama sahabatku, Alivia Putri, padahal kita nggak pernah terpisahkan sejak dari awal jadi mahasiswa kedokteran hingga jadi dokter.


Psst... pas pembekalan juga sekalian penggantian uang transport dan uang saku pembekalan (untuk yang nasional dan lokal). Cuma nominalnya tidak sama, bagi yang di Riau (asal Fakultas Kedokteran-nya di Riau) itu mendapat uang transport sekitar 350k-400k (tergantung wahana yang diambil seberapa jauh). Lumayan untuk nambahin biaya pembuatan SIP :p
Dokter Internsip RSUD Petala Bumi-Puskesmas Rumbai 
Periode November 2016-November 2017

RSUD Petala Bumi Pekanbaru
RSUD Petala Bumi ini adalah rumah sakit umum daerah kota Pekanbaru yang berada di Jln. Sutomo No. 65 Pekanbaru. Lokasi RSUD Petala Bumi ini berada di tengah kota, sekitar 15-20 menit dari bandara dan dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan, hotel serta restaurant. Jadi untuk para dokter yang dari luar Pekanbaru/Provinsi Riau, jangan takut. Oh iya, jalannya juga jarang banget yang macet parah. Sekalinya macet ya paling kalo ada mobil mogok atau parkir nggak bener dijalan.

RSUD Petala Bumi 
(source : rsudpetalabumi.riau.go.id)
Pendaftaran RSUD Petala Bumi
RSUD Petala Bumi ini merupakan rumah sakit tipe C dengan lokasi yang sangat dekat dengan Mesjid Agung Annur (salah satu icon hits Pekanbaru) dan RSUD Arifin Achmad yang merupakan RSUD Provinsi Riau (RS rujukan akhir). Dikarenakan rumah sakit ini adalah tipe C jadi tidak seluruh spesialistik ada disini dan fasilitasnya juga tidak selengkap rumah sakit tipe B atau swasta setara tipe B. Selain dari 4 bidang besar berupa penyakit dalam, bedah (hanya bedah umum), kandungan dan anak serta poli Gigi, RSUD Petala Bumi juga memiliki poli dan pelayanan untuk spesialisasi khusus dibidang THT-KL, Saraf, Mata, Kulit, Anestesi dan Paru.
Poliklinik Spesialis RSUD Petala Bumi
Selayaknya rumah sakit lain, RSUD Petala Bumi juga memiliki fasilitas rawat inap lengkap dimulai dari kelas paling bawah yaitu kelas III, II, I dan paling tinggi adalah ruangan VIP. Sekedar informasi RSUD Petala Bumi ini merupakan RS rujukan akhir untuk pasien Jamkesda dan akan dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad jika tidak dapat ditangani di Petala Bumi. Untuk fasilitas pendukung dilengkapi juga dengan fasilitas IGD, kamar operasi, ruang rawat ICU, Perinatologi, ruangan Radiologi (khusus Rontgen saja) serta ruangan fisioterapi.
IGD RSUD Petala Bumi Pekanbaru

Ruang Rawat Inap Kelas III (lantai 2)



Sekian dulu postingan yang ini, sebelum yang baca bosen jadi kita lanjutkan ke Part 2 ya. See ya :)

Baca: [Ask Dokter Ica] Program Internsip RSUD Petala Bumi Pekanbaru Riau (Part 2)
“The hospitals is a house of God, A garden where the voices of the sick are music from heaven”- St. Camillus De Lellis

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. "Wahana internship" itu apa ya mbak? heheh msh belum mudeng.
    Soalnya aku nangkepnya tu wahana adalah sarana, apakah wahana itu maksudnya pemilihan lokasi internship? :D

    ReplyDelete
  2. Senang deh kalau ada dokter yang bisa menuangkan ceritanya dalam tulisan di blog. Semangat menjalani intershipnya ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Semoga lancar intern nya ya. Zamannya kakakku pas banget ga ada intern jadi dia langsung kerja

    ReplyDelete