Cerita Ica : New year, New Resolution (?)

By Ica Annajmi - 23:03

Hai! Setelah beberapa minggu ini menjadi orang yang (sok) sibuk, akhirnya Ica bisa kembali menulis. Topik terpilih kali ini seputar resolusi tahun baru yang tentunya masih belum terlambat untuk dibicarakanlah ya, secara ini juga masih lewat 10 hari dari pertukaran tahun. Ini sebenarnya bukan seperti tulisan kebanyakan orang mengenai apa itu resolusi atau kiat-kiat menulis resolusi atau betapa pentingnya menulis resolusi. Oh please guys, it's definitely no. Ini cuma sedikit cerita Ica mengenai resolusi tahun lalu sebelum melangkah menyambut tahun baru.

Sebenarnya mulai merancang resolusi itu dimulai dari tahun 2013 tapi bukan resolusi tahunan melainkan resolusi per semester. Niat awalnya supaya kamar ada tempelan dan mau mencoba menerapkan teori sugesti positif. Dulunya pernah baca bahwa menuliskan sesuatu ditempat yang sering dilihat/diperhatikan akan membuat alam bawah sadar kita merealisasikannya. Ini juga lupa pernah baca dimana dan kemudian didukung lagi oleh pernyataan seorang sahabat yang sedang mendalami ilmu psikologi. Pada saat itu dia mengatakan (kurang lebih seperti ini), 
"Buat resolusilah, sekalian sugesti positif buat diri sendiri."
Berangkat dari alasan diatas jadi sering nulis-nulis resolusi diri sendiri. Yah keseringan sih nggak ada yang tercapai (atau kadang malah diluar ekspektasi resolusinya sendiri) poin-poinnya. Eh tapi bukannya patah semangat, malah keterusan ngerancang resolusi. Hingga pada awal tahun 2016 kemarin iseng ngerancang resolusi setahun kedepan bukannya per-semester lagi dan tadaaaaa~ jadilah ini:



Maafkan keburaman fotonya dan lunturnya tinta twinpen. Saking ini sudah berusia setahun dan dipajang di lemari samping kamar, bentukannya jadi lecek begitu.

But 2016 was so awesome for me exactly!
8 dari 10 resolusi diatas (hampir atau mendekati) terpenuhi. Ini berasa pencapaian luar biasa.

1. Stase anak lulus A
Ini sebenarnya doa terselubung berharap setinggi-tingginya karena saat itu ngulang stase Anak. Stase paling neraka di pendidikan profesi kedokteran manapun. Suatu yang mustahil mengingat untuk mendapatkan nilai B aja sulitnya kaya nunggu jodoh :')
Hasilnya : lulus dengan nilai B+

The category is ALMOST DONE!

2. Persiapan UKMPPD
3. UKMPPD lulus one shot
4. Pemuncak IPK sumpah dokter, CBT UKMPPD dan OSCE UKMMPD
6. Sumpah dokter


Ini masa-masa gentingnya kehidupan setiap mahasiswa kedokteran yang telah menyelesaikan pendidikan profesi. Ujian Kompetensi Program Pendidikan Dokter. Ujian yang terdiri dari ujian teori (dalam bentuk CBT) dan ujian keterampilan (dalam bentuk OSCE). Ini tuh ujian yang ketakutannya mengalahkan skripsi, deg-degannya kaya mau ijab qabul (kata yang udah pernah sih, ya!). Masa-masa dimana tidur yang awalnya 6 jam setiap malam, menurun jadi 4 jam. Kemudian turun lagi jadi 3 jam. Bahkan rekor sekitar 3 minggu sebelum ujian waktu tidur malam hanya 2 jam. Menargetkan membahas soal dari mulai maksimal 100 sehari hingga minimal 200 sehari. Bahkan rekor pernah ngerjain soal sampe 400 sehari (belum ngebahas sih, ini). Thank God, He replaced  all the effort with the pretty best result :')

Lulus UKMPPD satu putaran ditambah bonus tercapai poin keempat. Pemuncak 1 IPK Sumpah dokter Periode Sumpah Dokter ke-36, Pemuncak 2 OSCE  UKMPPD Periode Mei 2016 dan Pemuncak 3 CBT UKMPPD Periode Mei 2016. Akhirnya disumpah sah jadi dr. Ica Annajmi pada tanggal 21 Juli 2016. The sweetest gift ever and the best moment ever in 2016.

All the categories are DONE!

5. Liburan dan belajar  Make Up


Seharusnya poin ini dijelasin duluan sebelum pengumaman lulus dan sumpah, soalnya liburannya itu dalam rangka menunggu hasil UKMPPD. Cuma supaya cerita diatas sejalan, jadi digabungin deh. Alhamdulillah sempat liburan ke Jogja, Depok dan Jakarta demi membayar lelah batin dan fisik persiapan UKMPPD. Belajar make up? Yes I did babe!

The category is DONE!


7. Internsip di tempat terbaik


Alhamdulillah dapat ditempat terbaik yang sepertinya sesuai doa mama papa dikarenakan mama papa nggak mau jauh dari anak sulungnya. Kehidupan setahun kedepan akan dimulai di RSUD Petala Bumi Kota Pekanbaru, Riau. Cerita Ica mengenai ke-gabut-an pemilihan wahana will be uploaded soon, ya :)

The category is DONE!

Untuk poin ke 8, 9 dan 10 sengaja di blur dikarenakan terlalu privasi, tapi 2 dari 3 poinnya alhamdulillah sudah terpenuhi.

Tahun 2016 benar-benar mengajarkan bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati usaha dan perbanyak berpikiran positif. Seperti adanya resolusi ini yang awalnya hanya niat iseng yang membawa pikiran positif terus-menerus pada akhirnya jadi kenyataan. Alhamdulillah :)

Fellas, tulisan ini dibuat tidak ada maksud untuk pamer apalagi sombong. Hanya ingin menunjukkan kekuatan dari fikiran positif itu sendiri. So, for you guys always be positive!



2016, thank you for all the memories.
I'm ready to start new journey in 2017.










  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Assalamu 'alaikum kak ica
    Mau dong kk share pengalamannya internship di RSUD Petala Bumi
    Soalnya lagi cari2 RS yang recommended kak untuk internship
    Makasih kak

    ReplyDelete