Foodies Ica : Hong Tang, oriental dessert kini hadir di Pekanbaru!

By Ica Annajmi - 17:55


Hai Foodies!
Ada yang baru nih di Pekanbaru! Salah satu gerai dessert  terkenal kini buka cabang di Pekanbaru. Siapa sih yang nggak kenal hongtang? Hampir semua pecinta kuliner Asia minimal pernah mendengar namanya. Pionir oriental dessert pertama di Indonesia ini pada tanggal 5 Agustus 2017 lalu akhirnya buka di Pekanbaru. Tepatnya berlokasi di Transmart Carrefour Pekanbaru lantai 1.

Sukses dengan 14 cabang di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar, Hong Tang kemudian melebarkan sayapnya ke Pulau Sumatera. Sayap pertama di Pulau Sumatera, juga sebagai cabang ke 15 dari gerai Hong Tang berlokasi di Kota Pekanbaru tercinta ini. Usut punya usut setelah bertanya kepada direktur Hong Tang Pekanbaru, bapak Andrew Iskandar, ternyata tingkat konsumsi orang Pekanbaru ini lumayan tinggi untuk kategori makanan ringan seperti dessert. Aku pribadi sih sangat senang karena Pekanbaru dengan perlahan tapi pasti mulai naik. Beberapa outlet makanan terkenal, yang pada awalnya hanya ada di Pulau Jawa sana, kini perlahan buka di Pekanbaru.

Hong Tang ini merupakan dessert asli khas dari Hongkong dan Taiwan. Hong Tang ini sendiri artinya adalah 'Gula Merah' yang melambangkan manisnya sebuah makanan penutup. Pada awalnya hanya fokus di dessert tetapi kemudian melakukan expand konsep. Kini mereka tidak hanya menyediakan dessert tetapi juga makanan ringan, berat serta minuman dari berbagai negara tetangga di Asia seperti Jepang (Psst... Rameen juga ada, lho!), Korea dan Thailand. Hampir semua menu sudah ada dan dapat dicicipi di outlet Hong Tang Pekanbaru

Baca juga : Tsukiji Sushi Pekanbaru 

Menu favorite yang selalu dipesan dan menjadi andalan Hong Tang adalah grass jelly atau lebih dikenal dengan cincau. Untuk kalian yang tidak menggemari si hitam menawan ini, tenang saja mereka juga memiliki menu lain. Menganut prinsip Fresh dan Healthy, Hong Tanag menyajikan produk tanpa bahan pengawet. 
Hong Tang memiliki 9 varian es serut dengan lebih dari 20 jenis topping pilihan, dimana yang paling unggul dan favorit konsumen adalah grass jelly, Q-ball Talas dan Ubi, Pudding Toffu dan lain-lain.

Pada saat soft opening, aku berkesempatan mencicipi beberapa menu andalan Hong Tang. Rasanya? Enak banget. 

Grass Jelly 28

Ini salah satu menu andalan Hong Tang dengan based si hitam menawan, gress jelly. Didalamnya tidak hanya ada gress jelly sebagai ratunya, tetapi juga dilengkapi dengan Q Ball, Pearl, Matcha Ice Cream dan susu. Untuk pecinta matcha, you guys must order this! Matchanya endolitaaa geng, enak banget. 
Price: 48k

Signature Soya Dessert
Kalau yang ini pake pudding soya yang enak banget ditambah dengan cake yang crunchy¸ coconut jelly dan pearl. Rasanya enak tapi untuk kalian yang kurang menyukai soya (like me,of course!), mungkin kalian akan sedikit kaget karena pudding soya-nya lumayan strong. Overall, enak dan tidak membuat trauma untuk yang tidak suka soya.
Price: 41k

Mango Soup
Nah yang ini, kalau orang melayu mungkin bisa dibilang rasanya mirip seperti Laksmana Mengamuk. Bedanya kalau laksmana mengamuk menggunakan santan, mango soup ini menggunakan campuran susu dan krimer. Sebenarnya aku pribadi merasa ada rasa santan tapi setelah bertanya langsung kepada owner, tidak ada santan sama sekali. Untuk isiannya ada potongan buah mangga yang manis, coconut jelly.
Price: 46k

Thai Iced Tea dan Taro latte Iced
Nah ini merupakan minuman dari menu drinks-nya Hong Tang. Untuk Thai Iced Tea menggunakan Black Tea, jadi rasanya rada pahit dan apa ya... kurang berasa susu khasnya thai tea. Sementara untuk taro latte-nya menggunakan based Taro bubuk yang di blend ditambah ice cream. Rasanya menurutku pribadi sih yang ini so-so.
Price :
Thai Iced Tea 23k
Taro Latte Iced 30k

Untuk makanan, ada dua menu yang kemarin dicicipi dan dua-duanya ini merupakan snack oriental khas Hong Tang.

Chikin Popcorn

Ini merupakan daging ayam yang digoreng tepung dan disajikan dengan chilli mayo sauce. Oh iya, untuk menu ini cara penyajiannya menggunakan bucket gitu yang diisi oleh ayam dan surprisingly dibawah si ayam ini ada seperti kerupuk mie warna putih yang enak banget. Untuk porsinya puas banget, ayamnya banyak dan si-kerupuk mie-nya juga banyak. Rasanya enak!
Price: 38k

Tianbula
Ini Oden goreng khas Taiwan yang disajikan dengan saus kacang. Rasanya mirip oden makanan korea itu lho, Cuma ini ditambahin saus kacang. Penyajiannya juga sama seperti si chikin popcorn, dibagian bawahnya ada kerupuk mie juga. Aku pribadi merasa ini bukan sesuatu yang membekas atau ‘meninggalkan jejak di lidah’. Soalnya rasanya ya seperti rasa oden yang ditambah saus kacang.
Price: 50k

Itu beberapa menu yang kebetulan aku cobain dan tentunya rasanya akan bergantung selera masing-masing. Beda lidah akan beda rasa. Range harga untuk dessert, makanan dan minumannya antara 25k-50k. Tempatnya nyaman untuk menjadi tempat tongkrongan. Pada saat soft opening kemarin belum disediakan fasilitas wifi tapi mungkin nanti akan tersedia. 
daftar menu dari website Hong Tang

Oh iya untuk bahan bakunya, Hong Tang memproduksi sendiri bahannya sehingga menjamin keaslian rasa. Aku sempat bertanya mengenai sertifikasi halal dessert, makanan dan minumannya, Bapak Andrew, selaku manager Hong Tang mengatakan bahwa sertifikasi halal sedang dalam pengurusan. Jadi teman-teman tidak usah khawatir.
Jadi, selamat mencoba tempat tongkorongan baru Pekanbaru guys!

Untuk kalian yang sudah mencoba dan memiliki pendapat yang berbeda, boleh di-share ceritamu di kolom komentar, ya. Jadi Foodies yang lain bisa membaca.


For further information :
Hong Tang Pekanbaru
Transmart Carrefour
Jln. Musyawarah (Tuanku Tambusai Ujung simpang Arengka) No. 11 Pekanbaru 
ig : @hongtang.pku
website : http://hongtang.asia/



NB :
This post was supported by the brand but all of this review was based on my honest opinion. All of the photos here are from my personal album, Septian Arief K’s and Aal Koibito’s album.

  • Share:

You Might Also Like

28 komentar

  1. Duh mbak. Malem malem gini baca tulisannya jadi baper..Eh laperrrr. Mana fotonya bagus bagus pula lagi

    ReplyDelete
  2. Wii.. Bikin mupeng ih menu2nya.terimakasih ya rekomendasinya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan meluncur mbak, hihi. sama-sama mbak :)

      Delete
  3. aishhhh ngiler banget lihat beginian . eh bwt itu chicken popcornnya gimana mba bentuknya seperti bakso gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, seperti bakso soalnya itu daging ayam yang dibulet-buletin trus digoreng tepung (seperti bentukan popcorn) hehe

      Delete
  4. Replies
    1. Bukan untuk nongkrong tiap minggu bang, bisa kering sebelum berkembang kantong hihi :p

      Delete
  5. enak nih kak....seger yak...

    ReplyDelete
  6. wah kece-kece tampilan menu makannya, anak kos udah ngiler nih

    ReplyDelete
  7. Sayang, di tempat saya masih belum ada, kapan ya buka cabang di Barabai, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera buka cabang ya di kotanya mas :)

      Delete
  8. Segar banget itu Thai Iced Teanya :)
    Di Lombok belum ada buka nih. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baca postingan mbak mengenai kebon cafe lombok malah lebih tertarik mbak :)

      Delete
  9. Kayaknya enak tapi belum pernah kesitu gara" aneh aja liatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi rasanya lumayan bisa diterima lidah Indonesia, Mas.

      Delete
  10. enak2 yaa sepertinya..jujur walau tinggal di Pulau Jawa tp belum pernah nyobain hong tang hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. saya juga pada awalnya ragu, tetapi setelah nyoba jadi ketagihan

      Delete
  11. waduh jadi laper aja nih.. kena hipnotis fotonya

    ReplyDelete
  12. di palembang belum ada merek hong tang sih, cuma pas aku ke jakarta ada cicip ini..

    cuma ada mirip2 serupa tapi gak laku, gak lama langsung tutup semua outletnya.

    ReplyDelete
  13. Kereeenn... selalu ngileer kalau liat postingan kakak ttg makanan minuman huhu... mau dong kak diajak kesinii hehehehe ;)

    ReplyDelete
  14. Aiihhh.... kaget lihatnya. Kirain Hongkong! Foto pertama dilihat sekilas kayak tulisan Hongkong. Hahaha....
    Grass Jelly kayaknya enak juga tuh.

    ReplyDelete
  15. Ah, pengen nyobain langsung ke Pekanbaru nih.. ^^

    ReplyDelete